3 Fakta menarik tentang Kota Malang

Farzan





Kota Malang merupakan salah satu kota yang ramai dikunjungi. Ada banyak tempat kuliner dan wisata yang sangat terkenal. Menempati urutan ke-dua sebagai kota terbesar se-Jawa Timur setelah Surabaya.

Selain itu juga, Malang terdapat banyak sekali perguruan tinggi yang terkenal hingga dunia internasional. Contohnya Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Brawijaya, DLL.

Ada banyak wisatawan baik dari dalam maupun dari luar setiap harinya berkunjung ke kota ini. Tapi taukah kamu tentang Fakta menarik mengenai kota Malang? Berikut kami jelaskan.


1. Swiss-nya Jawa, alias Switzerland van Java

Taukah kamu Kota Bandung dan Kota Malang memiliki julukan yang hampir sama, yaitu kota bandung dengan julukan Paris van Ooast Java(Paris di timur Jawa), kota malang juga punya julukan yang hampir sama yaitu Switzerland van Java(Kota Swiss di Jawa)

Alasan kota malang disebut begitu karena memiliki penataan tempat yang indah seperti di Swiss, dan kota ini dikelilingi Gunung-gunung yang indah seperti Gunung Kawi, Gunung Arjuno, Gunung Semeru, DLL.


2. Salah satu Kota pendidikan di Indonesia

Malang terkenal dengan banyaknya pergutuan tinggi yang terkenal atas prestasinya.
Saat artikel ini ditulis sudah ada sekitar 86 perguruan tinggi di Malang, baik Negeri dan swasta. Tidak heran, dengan banyaknya jumlah universitas dan kualitas universitas di Malang. Menjadikan kota malang sebagai tujuan berbagai mahasiswa dari pelosok dunia Untuk mencari ilmu di kota ini.


3. Dialog "Wali-an" khas Malang

Jika kamu pergi ke kota Malang kamu akan menemukan bermacam-macam dialog dan bahasa yang digunakan masyarakat sekitar. Seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Madura, DLL.

Tapi, jika kamu teliti kamu akan manemukan dialog khas kota Malang yang mungkin tidak kamu temui di Kota-kota lain di Indonesia. Dialog khas ini desebut dialog "Wali-an" atau terbalik. Penggunaan diaog ini dengan cara membaik urutan

huruf dari belakang ke depan. Sebagai contoh

Ayas Kera Ngalam atau Saya Arek Malang dalam Bahasa Indonesia punya arti Saya Anak Malang. Dan dialog ini tidak semuanya mengunakan Bahasa Jawa ada juga yang menggunakan Bahasa Indonesia seperti Umak, Ayas, Dll