Melalui jurnalis kita bisa tau banyak hal (menggali dan mencari ide berita)

Farzan



Menggali ide berita. Berisi tentang peristiwa, keadaan, dan pemikiran orang. Bertanya harus ada beberapa hal sebagai berikut : Alat ukur kelayakan berita, Aktual (unsur baru), menyangkut kepentingan orang banyak, dekat dengan pembaca, konflik dan ketokohan, Human Interest (kemanusiaan), dan unik.

memilih angle berita. Angle (sudut pandang). Apa itu angle berita? sudut pandang terhadap suatu peristiwa atau isu yang akan ditulis.

Kerangka liputan. Mencari berita (liputan) diperlukan kerangka liputan untuk mempermudah dalam meliput sesuatu, kerangka liputan ada 4 hal yang harus diketahui : Latar belakkang berita, angle, data narasumber, daftar pertanyaan.

Praktik reportase. Sama dengan liputan, yakni : kegiatan pengumpulan fakta dan berbagai sumber dan narasumber serta menulisnya dalam berita.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bertanya : Doktrin dan kejujuran, New balance (perlakuan adil), cek dan ricek (meneliti kebenaran).

Teknik reportase. 1. Observasi (datang langsung ke lokasi) 2. Wawancara (bertanya untuk mendapatkan informasi) 3. Riset data (membuka arsip atau referensi yang berkaitan dengan berita.

Data ini saya dapat saat seminar yang dibawakan oleh Adam Malik