Pengalaman silaturrahmi bersama keluarga

Farzan

Sekitar jam 17:00 tepatnya hari ter-akhir bulan ramadhan 2023, saya segera mandi untuk bersiap pergi ke rumah mbah dari abah saya. Sehabis mandi saya berbuka lalu melaksanakan ibadah shalat maghrib, setelah shalat maghrib saya dan keluarga saya menunggu sekaligus bersiap menuju keberangkatan bersama keluarga yang lain. Jam 18:10 saya dan saudara-saudara saya berangkat ke gondanglegi sekitar 5 KM dari rumah.

Saat kami tiba kami langsung datang kerumah mbah yang pertama, kami berbincang dan bersilaturrahmi sekitar 15 menit. Lanjut menuju mbah yang kedua kami juga bersilaturrahmi dan berbincang sekitar 10 menit. Lalu pergi kerumah mbah yang terakhir. *yang lokasinya saling berdekatan.

Setelah itu kami dan keluarga yang lain pulang kepesantren lewat jalur yang berbeda, setelah saya datang saya dan keluarga saya kerumah untuk niat zakat fitrah. Lalu saya dan keluarga saya berangkat ke kepanjen menuju rumah mbah dari ibu sebentar, lalu pulang.

Saat dirumah saya langsung berbaring dikasur dan langsung tidur. Besoknya pada jam 04:45 saya langsung mandi lalu persiapan shalat idul fitri dimasjid Al-Madinah, Alkhoirot. Jam 06:16 saya berangkat kemasjid dan jam 06:36 shalat id mulai dan setelah shalat id dilanjut mendengar khutbah. Setelah itu saya pergi ke"KAMPONGAN" tempat berkumpulnya saudara-saudara saya. Berbincang sebentar lalu pulang kerumah untuk sarapan.


Jam 08:14 kami datang dirumah mbah, tapi karena sepi kami menduga mereka berada dimakam kakek lalu kami pergi kesana, dan benar saja saat kami datang mereka sudah selesai menjenguk ke makam, setelah itu kami membaca do'a tahlil lalu pergi kerumah mbah lalu bersilaturrahmi dan bermaaf-maafan bersama. Lalu makan bersama, sekitar jam 10:48 kami berpamitan dan pulang kerumah.

~Selesai