Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

Farzan



PHBS adalah kebiasaan seseorang untuk mencegah penyakit dan menjaga lingkungan sekitarnya agar sehat. Mengapa PHBS perlu? supaya terhindar dari segala jenis penyakit. Indikator PHBS ada 12 tapi yang saya sebutkan ahany beberapa saja yaitu : mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir, menggunakan air bersih dalam kesehariannya, menggunakan jamban sehat, konsumsi buah dan sayur, memberantas jentik nyamuk.

Jamban sehat ialah fasilitas pembuangan tinja yang efektif untuk mumurus penularan penyakit. Salah satu cara memberantas jentik nyamuk ialah membuang genangan air yang ada di luar rumah seperti pot kosong yang berisi air, ban yang berisi air, dll.

Apa manfaat mengkonsumsi buah dan sayur? sistem kekebalan tubuh meningkat (buah dan sayyur yang kaya vitamin akan meningkatkan kekebalan tubuh), dan menjaga kesehatan tulang dan gigi (selain susu).

Beberapa hal yang termasuk dalam PHBS, seperti : jajan diwarung sekolah yang sehat, membuang sampah pada tempatnya, mengikuti kegiatan atau ekskul olahraga di sekolah, rajin menggosok gigi, dan jangan merokok.


Golongan darah dibagi menjadi 4 jenis, yaitu : A, B, AB, O. Kegunaan pemeriksaan golongan darah : mempermudah tranfusi darah (fungsinya untuk mempermudah pertolongan jika terjadi musibah),menghindari penyakit jika terjadi perkawinan, membantu memantau diet.

Data ini saya peroleh saat seminar.