Hal-hal dalam proyek

Farzan



Apa itu proyek? proyek adalah upaya organisasi untuk mencapai tujuan dan harapan penting dengan menggunakan sember daya yang tersedia serta dana dan harus diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Apakah proyek hanya pembangunan saja? tidak, proyek tidak harus pembangunan bisa juga dalam hal lain seperti proyek engineering konstruksi (pembangunan), engineering manufaktur (mengubah bahan mentah menjadi bahan baru), pelayanan manajemen (aktivitas pelayanan), penelitian dan pengembangan (meneliti), kapital (proyek pemerintah berkaitan dengan dana kapital untuk investasi).

Langkah-langkah proyek itu ada 5 : pertama tahap inisiasi proyek, kedua tahap perencanaan proyek, ketiga tahap pelaksanaan proyek, keempat tahap pengendalian dan pemantauan proyek, kelima tahap penutupan proyek.

Poin-poin penting dalam proyek ada 4 : Pemasukan, belanja, pencatatan, dan pelaporan. Ada 4 indikator keberhasilan suatu proyek, yaitu : waktu pelaksanaan, kualitas hasil pekerjaan, biaya pelaksanaan, dan keselamatan kerja.

Data ini saya proleh saat seminar OSIS yang diisi oleh Pak Supendri S.Pd, bulan november 2022 lalu.