Hal-hal yang harus diketahui tentang narkoba (pengertian dan ciri)

Farzan



Narkoba adalah singkatan dari narkotika psikotropika dan obat terlarang. Narkoba adalah obat berbahaya yang apabila dimasukkan kedalam tubuh baik dengan cara dimasukkan maupun dihirup dapat mengubah perilaku, perasaan, sifat, dan pikiran seseorang. Apa saja jenis-jenis narkoba? LSD, morfin ganja, opium, kokain, dan heroin serta semuanya memiliki efek yang berbeda-beda.

Ciri-ciri narkoba ialah kulit pucat, berat badan menurun drastis, mata selalu merah, pupil melebar, dan selalu terlihat lelah. Apa jenis narkoba yang paling berbahaya? Heroin, karena penggunanya rawan everdosis, sebab ada sifat adiktif yang membuat penggunanya kecanduan. Alasan orang menggunakan narkoba ialah karena "bujukan teman dan ingin bersenang-senang".

Apa yang harus kita lakukan untuk menghindari narkoba? -Menurut BNN (Badan Narkotika Nasional) dengan cara : hindari rasa penasaran untuk mencoba, ketahui dampak buruk narkoba, lalukan kegiatan positif seperti olahraga, dan hindari pergaulan malam. Apakah rokok termasuk dalam narkoba? ya, rokok merupakan salah satu narkotika kenis rendah karena mengandung unsur nikotin yang mana merupakan salah satu zat psikotropika stimulan.

Data ini saya peroleh saat seminar bersama seluruh santri MTs Al-Khoirot di masjid Al-Madinah, pada tanggal 27 sya'ban 1444 H atau 19 maret 2023, dan diisi oleh perwakilan BNN (Badan Narkotika Nasional) kabupaten Malang.