Wawasan kebangsaan dan Bela negara

Farzan

Apa itu wawasan kebangsaan? Wawasan kebangsaan adalah sikap dan perilaku warga yang dijiwai kecintaannya pada NKRI, yang berdasar pada pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Tujuan wawasan kebangsaan itu untuk memberi pemahaman tentang bangsa indonesia dan dasar-dasar mengenai bangsa ini dalam rangka mewujudkan persatuan dan ketahanan indonesia.

Alasan-nya ialah supaya memunculkan semangat dan dorongan hati ntuk mencintai tanah air, membela dan menjaga keutuhan indonesia.

Mengapa bela negara harus dilakukan? karena kewajiban setiap warga negara. Dan mengapa negara wajib dibela? karena negara kita ini terdiri atas 1 perutuhan yaitu tanah, air, bangsa.

Apa saja ancaman negara? 1. Perang bersenjata, yaitu saling tembak menembak antara kawan dan lawan 2. Perang teknologi.


Akibatnya generasi muda mudah terpengaruh diserang teknologi terutama dari HP, informasi HOAX, mudah diadu domba melalui medsos agar terpecah belah.

Contoh dari sikap bela negara, yaitu : menjaga nama baik sekolah, menghormati sesama, menghormati perbedaan suku dan agama, tidak boleh RASIS, mengikuti upacara dengan tertib, menjaga kebersihan, meningkatkan disiplin kesadaran, dan ikhlas dalam hal positif.

*catatan : Data ini saya peroleh dari seminar dengan TNI.