Hal-hal yang harus diketahui tentang narkoba (cara mencegah narkoba)

Farzan



Apa peran pemuda untuk mencegah penyalah gunaan narkoba? dengan cara, membangun kesadaran dan melakukan kampanya "ANTI NARKOBA". Apa peran keluarga untuk mengatasi narkoba? dengan cara pendidikan agama dan akhlak, rasa aman, bimbingan dan perhatian, memberikan kebebasan dengan pengawasan aktif dan bijak sana, dan kegiatan positif lain.

Menurut saya upaya sekolah untuk pencegahan narkoba disekolah dengan cara : membuat tata tertib sekolah, melakukan razia, memakai ekstrakurikuler sebagai sarana pencegahan, memasukkan sedikit materi tentang narkotika kedalam materi.

3 dampak penyalahah gunaan narkoba dalam keluarga : dikucilkan dari masyarakat, merugikan masyarakat sekitar, pengguna narkoba rata-rata serih melakukan tindak kejahatan ,dan kasus kriminal.

Bagaimana cara kita untuk mencegah narkoba? dengan cara : bergaul dengan orang-orang yang selalu melakukan kegiatan positif, miningkatkan iman, melakukan kegiatan olahraga berat, tidak melakukan kegiatan diatas jam malam, selalu tidak takut kehilangan teman-teman yang ada disekitar, banyak melakukan kegiatan positif, dan masih banyak lagi.

Data ini saya dapat saat semnar bersama santri MTs Alkhoirot di masjid Almadinah, pada tanggal 27 sya'ban 1444 H atau 19 maret 2023.