Sehari full agenda

Farzan



Pagi tanggal 28 mei 2023, saya dan teman-teman yang ikut Munaqosyah UMMI di depan kantor MA Alkhoirot, total 29 siswa yang ikut dan sekitar 12 siswa dipasangi mikrofon tempel supaya tidak kerepotan saat penampilan. Harusnya pra- wisuda dimulai jam 07:30, diundur karena faktor salon, kamera, dll belum siap. Jadi dimulainya sekitar 08:10, dan bagi pembimbing dan yang ikut penampilan UMMI ini merasa bosan.

Akhirnya jam 08:10 pra-wisuda dimulai, dan UMMI menjadi yang pertama masuk panggung. Setelah penyambutan akhirnya penampilan UMMI dipanggil untuk memasuki panggung, kami berbaris dan berjalan secara perlahan dan saat sudah ditempatnya masing-masing. Pemimpin berjata "salaman" serentak kami mengucapkan "Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh", ada jarak sekitar 2 detik pimimpin berkata "julusan" barisan depan duduk sila, setelah barisan depan duduk dilanjutkan barisan belakang yang duduk.

Kami membaca Surah Alfatihah beserta do'a pembuka, lalu dilanjutkan dengan khataman. Yakni membaca mulai surah Attakatsur sampai Annas, lalu membaca fatihah lagi. Dilanjut dengan pembukaan oleh perwakilan dari pengurus UMMI pusat cabang Malang. Lalu sesi tanya jawab yang mana yang bertanya bukan pendamping yang erada di panggung, tapi walisantri yang menonton yang bertanya baik dari pihak putra maupun putri. Saya ditanyai membaca surah Adh-Dhuha. Dan soalnya sudah disediakan tinggal pilih tartil atau ghorib atau tahfidz atau tajwid.

Setelah sesi tanya jawab selesai, pemimpin langsung memberi isyarat supaya berdiri dan mengucapkan salam, lalu kami keluar dari panggung lewat jalur depan panggung. Dan acara penampilan UMMI yang harusnya selesai 09:00 karena masih ada kendala jadi selesainya jam 09:20. Tapi tidak apa-apa.

Link : https://www.youtube.com/watch?v=jGmiVYzJPac