Pengalaman saya ketika melihat manasiq haji Alkhoirot tahun 2023

Farzan



Saya setiap melihat manasiq haji, rasanya sangat menambah wawasan. Karena setiap diterangkan tentang haji secara materi saya tidak paham-paham, tapi saat saya melihat langsung praktek haji yang dilakukan oleh para santri alkhoirot saya merasa sangat paham.

Apalagi mulai tahun 2022 yang ikut manasiq haji ssatu hari sebelum hari H akan dibawa ke Islamic Centre di Kepanjen, yang mana disana tempat khusus untuk latihan haji. Jadi saya semakin paham tempat-tempat-nya, saat di sana saya melihat para santri Alkhorot yang mengikuti manasiq haji sedang latihan haji, yang sebenarnya latihan dan gladi selesai sebelum waktu dzuhur tiba, tapi tidak jadi. Karena hujan yang melanda area Islamic Centre tersebut.

Jadi latihan baru dimulai sekitar jam 10:30, yang mana para santri dan pengurus yang dipilih untuk menjadi pembimbing yang sudah berangkat sekitar jam 07:30 terpaksa menunggu selama 3 jam sampai hujan berhenti. Saya tidak sempat melihat sesi latihan tersebut karena sedang melaksanakan ujian kenaikan kelas MTs Alkhoirot, jadi saya hanya sempat melihat gladi kotor dan gladi bersihnya saja, tapi tidak apa-apa, yang penting masih bisa melihat manasiq haji di Islamic Centre.